30 April 1907 (Selasa): Sebuah gagasan lahir
Di sebuah mansion bernama The Pirrie Mansion, Lord Pirrie, pimpinan perusahaan pembuat kapal Harland & Wolff dan J. Bruce Ismay, Direktur White Star Line sedang membuat rencana untuk membuat 3 kapal besar, yaitu Olympic, Titanic, dan Gigantic. Kapal tersebut ingin dibuat untuk bersaing dengan kompetitor mereka, The Cunard Line, yang telah membuat Lusitania dan Mauretania.
31 Maret 1909 (Rabu): Kapal mulai dirakit
Di galangan kapal Harland & Wolff di Belfast, Irlandia, Titanic mulai dibuat oleh pekerja galangan kapal dari Irlandia. Pekerja harus bekerja dari pukul 7:30 - 17:30, lima hari dalam seminggu, ditambah setengah hari pada hari Sabtu. Rata-rata upah yang diterima pekerja pada saat itu adalah sekitar £2 ($10) per minggu.
31 Mei 1911 (Rabu) pada pukul 12:15: Titanic diluncurkan!
Pada hari ini Titanic secara resmi diluncurkan dengan lebih dari 100.000 orang yang hadir. 22 ton pelumas (gemuk, sabun, dan minyak ikan paus) digunakan untuk membantu Titanic meluncur dari tempat peluncuran kapal dan Titanic tidak dibaptis dengan botol sampanye (adat di Inggris apabila melakukan peluncuran seperti kapal, kapal harus dibaptis dengan botol sampanye).
31 Maret 1912 (Minggu): Titanic selesai dilengkapi
29 mesin pembakar, mesin, dan turbin dipasang pertama kali saat Titanic dilengkapi. Titanic memerlukan 5.892 ton batubara, lebih dari 200 mil (322 km) kabel listrik dan sekitar 2.000 jendela. Lebih dari 3.000.000 paku keling digunakan dan Titanic dilengkapi dengan 20 sekoci, 4 di antaranya adalah sekoci lipat yang berada di sisi kapal.
2 April 1912 (Selasa): Uji coba pelayaran pendek Titanic
Pada saat ini, seluruh awak kabin kapal dilatih segala tindakan yang harus dilakukan saat berada di dalam kapal. Kapten E. J. Smith dan anak buahnya ikut serta dalam uji coba pelayaran jarak pendek ini dan uji coba ini hanya kurang dari 1 hari.
2 April 1912 (Selasa) pada pukul 20:00: Menuju Southampton
Kapal berlayar menuju Southampton yang berada di sebelah barat daya London melewati sungai dan selat Inggris. Titanic menggunakan jalur tersebut karena jalur itu adalah jalur termudah yang bisa dilewati oleh kapal besar seperti Titanic.
4 April 1912 (Kamis) tak lama setelah tengah malam: Tiba di Southampton
Setelah mengarungi laut sejauh 570 mil (917 km), akhirnya Titanic tiba di Southampton dan merapat di Berth 44, Pelabuhan Southampton.
10 April 1912 (Rabu): Penumpang mulai menaiki kapal
Pada pukul 5:18 pagi, para awak kapal mulai tiba (Semua pekerja, kecuali Kapten, telah menghabiskan malam di atas kapal. Pada pukul 6:00 pagi, Thomas Andrews, sang pembuat kapal tiba dan pada pukul 7:00 pagi, Kapten Smith tiba di pelabuhan dan ini merupakan pelayaran terakhirnya sebelum ia memutuskan untuk pensiun. Pada pukul 9:30 pagi, J. Bruce Ismay tiba di pelabuhan.
10 April 1912 saat tengah hari: Bergerak menuju Cherbourg, Prancis
Saat akan berangkat menuju Cherbourg, terdapat beberapa pertanda buruk untuk Titanic, di antaranya yaitu Titanic hampir bertabrakan dengan kapal New York yang juga bersandar tak jauh dari Titanic akibat tali tambang New York putus karena kuatnya gelombang yang dihasilkan Titanic dan pertanda selanjutnya yaitu api masih menyala di bungker batubara di ruang pembakaran No 5
10 April 1912 pada pukul 18:30: Titanic tiba di Cherbourg, Prancis
Titanic tiba di Cherbourg untuk membawa penumpang lainnya menuju New York, Amerika Serikat. Tetapi, karena pelabuhan tidak cukup besar untuk Titanic, maka Titanic harus menurunkan jangkar beberapa meter dari pelabuhan dan penumpang diangkut dengan menggunakan 2 kapal kecil yaitu Nomadic dan Traffic untuk membawa penumpang, bagasi, dan surat-surat.
10 April 1912 pada pukul 20:10: Titanic berangkat ke Queenstown, Irlandia
Pada pukul 20:10 malam, Titanic meninggalkan Cherbourg dan berangkat menuju Queenstown, Irlandia. Pada pagi harinya, para penumpang diberikan sarapan untuk pertama kalinya.
11 April 1912 (Kamis) 11:30 pagi: Titanic tiba di Queenstown, Irlandia
Titanic tiba di Queenstown dengan selamat pada Kamis pagi. Dikarenakan pelabuhan Queenstown tidak cukup besar, Titanic harus menurunkan jangkar 2 mil (3 km) dari dermaga. Dua kapal (America dan Ireland) membawa penumpang baru, bagasi, surat, wartawan, dan petugas imigrasi ke Titanic.
11 April 1912 pada pukul 13:40: Titanic berangkat ke New York City
Perjalanan panjang melintasi samudra Atlantik dimulai dengan melewati rute utara Atlantik yang banyak gunung es mengadang.
12 April 1912 (Jumat): Peringatan Pertama
Pada perjalanan perdananya ini, Titanic menerima banyak ucapan selamat atas pelayaran perdananya dari kapal-kapal lain yang menuju ke timur (berlawanan arah). Mereka juga memperingatkan Titanic terhadap es-es yang tersebar sepanjang jalur pelayaran yang diterima Titanic melalui kode morse. Akibat peringatan tersebut, kapten Smith memindahkan jalur pelayaran jauh ke arah selatan.
14 April 1912 (Minggu): Peringatan akan gunung es sangat banyak
Pada pukul 8:00 pagi, kapal Caronia yang menuju ke timur melaporkan bahwa gunung es dan pecahan es terdapat di lintang 42° LU dan dari garis bujur 49° - 51° BB. Pada pukul 11:40 pagi, kapal Dutch liner Noordam melaporkan bahwa banyak es di tempat yang sama. Pada pukul 13:42 siang, kapal White Star Baltic melaporkan ada gunung es dan pecahan es sekitar 250 mil (400 km) di depan Titanic. Pada pukul 13:45, kapal Jerman "Amerika" melaporkan bahwa ia telah melewati 2 gunung es yang besar. Pada pukul 19:30, kapal California melaporkan ada 3 gunung es yang besar. Pesan tersebut tidak pernah dipublikasikan atau diteruskan kepada Kapten Smith. Pada pukul 21:30, kapal uap Mesaba memperingatkan ada runtuhan es berat dan gunung es besar. Pada pukul 22:00, terjadi pergantian tugas, perwira kedua Lightholler digantikan oleh perwira pertama Murdoch, area pengintai Archie Jewell dan George Symons digantikan oleh Frederick Fleet dan Reginald Lee yang diberi tugas untuk memperhatikan es-es kecil dan gunung es di depan Titanic.
14 April 1912 pada pukul 23:39: Area Pengamatan melihat gunung es
Pada saat itu, bel peringatan Titanic berbunyi sebanyak tiga kali. Bagian area pengamatan menelepon anjungan kapal dengan mengatakan "Iceberg, right ahead!" (Gunung es tepat di depan!). Perwira pertama Murdoch meminta ruang mesin untuk menghentikan mesin dan mundur dengan mengatakan "Stop! Full speed astern!" (Berhenti! Kecepatan penuh ke belakang!).
14 April 1912 pukul 23:40: Kejadian kecelakaan pada lintang 41° 46'N, bujur 50° 14'W
Tabrakan kapal dengan gunung es terjadi tepat 37 detik setelah peringatan dari anjungan kapal. Saksi mata di tempat kejadian mengatakan kalau gunung es tersebut memiliki tinggi 60 kaki (18 m).
15 April 1912 pada pukul 00:05 (Senin)
Saat ini, kapten Smith memerintahkan Kepala Perwira Wilde untuk mengeluarkan sekoci penyelamat dan meminta para penumpang untuk ke dek luar. Tetapi, karena suhu di luar sangat dingin, banyak penumpang yang mengabaikan perintah tersebut dan tetap berdiam di dalam kapal atau kamarnya masing-masing.
15 April 1912 pada pukul 00:10: Sinyal darurat pertama dikirim
Titanic mengirimkan 3 jenis sinyal darurat melalui sinyal radio. Yang pertama yaitu CQD - sinyal darurat Kode Morse Lama (Seek-You-Distress, Come Quick, Distress! - Come Quick, Disaster! - Come Quick, Danger!). Yang kedua yaitu MGY - huruf panggilan RMS Titanic. Dan yang ketiga yaitu SOS - Sinyal darurat kode Morse yang baru (Titanic adalah salah satu kapal pertama yang menggunakan kode baru ini). Ada 3 kapal yang merespons sinyal darurat Titanic ini, yaitu Olympic, Frankfurt, dan Carpathia (terdekat di jarak 58 mil/93 km).
15 April 1912 pada pukul 00:25: Permintaan untuk wanita dan anak-anak yang menaiki sekoci
Para perwira meminta wanita dan anak-anak untuk memasuki sekoci terlebih dahulu. Hal ini disampaikan oleh Perwira pertama Murdoch.
15 April 1912 pada pukul 00:45: Sekoci No.7 yang pertama kali diturunkan
Sekoci no.7 ini hanya diisi dengan 19 orang, padahal sekoci ini mampu menampung hingga 65 orang. Kapten Smith marah akan hal ini dan meminta perwira lain untuk mengisinya secara penuh. Bintang film Dorothy Gibson dan dua pasangan yang sedang berbulan madu berada di sekoci ini.
15 April 1912 pada pukul 00:55: Sinyal roket pertama diluncurkan
Sinyal roket yang ditembakkan bertujuan untuk memanggil kapal terdekat yang bisa melihat roket tersebut untuk membantu mengevakuasi para penumpang Titanic.
15 April 1912 pada pukul 00:55 - 02:20: Pelepasan Sekoci:
15 April 1912 pada pukul 01:40: Roket terakhir diluncurkan
Titanic meluncurkan 8 buah roket dan tidak ada yang direspons oleh kapal-kapal lainnya.
15 April 1912 pada pukul 01:45: Pesan terakhir untuk Carpathia
Titanic mengirimkan pesan kepada Carpathia bahwa ruang mesin dan ruang pembakaran sudah terendam air. Operator nirkabel saat itu adalah John Phillips.
15 April 1912 pada pukul 02:05: Kapten Smith membebastugaskan operator nirkabel Phillips dan Bride
Kapten Smith berkata kepada Phillips dan Bride, "Tidak ada yang akan kalian lakukan lagi. Sekarang, setiap orang untuk dirinya sendiri." Tetapi Phillips dan Bride tetap bekerja dengan terus mengirimkan pesan nirkabel kepada Carpathia. Pesan darurat lemah ditangkap oleh Virginian sekitar pukul 02:17. Setelah itu jaringan radio Titanic terputus.
15 April 1912 pada pukul 02:20: Titanic menghilang ke dalam laut
Bagian depan Titanic lebih dahulu berada di bawah air, lalu bagian belakang kapal terangkat dan patah di bagian tengah. Bagian depan kapal lebih dahulu terjun bebas ke dasar laut, sedangkan bagian belakang kapal kembali ke posisi awal dan terangkat lagi hingga meluncur bebas ke dasar laut.
15 April 1912 pada pukul 3:30 pagi: Roket Carpathia terlihat oleh sekoci pertama
Setelah beberapa lama Titanic tenggelam, Carpathia datang untuk mengevakuasi para korban selamat Titanic. Carpathia menembakkan roket sebagai tanda Carpathia telah datang.
15 April 1912 pada pukul 04:10: Sekoci No.2 adalah sekoci pertama yang diangkat oleh Carpathia
Sekoci No.2 berada yang paling dekat dengan Carpathia dan dengan segera para awak kabin kapal Carpathia mengangkat para penumpang dan sekoci tersebut ke atas kapal.
15 April 1912 pada pukul 08:30: Sekoci terakhir No.12 diangkat
Sekoci No.12 adalah sekoci terakhir yang dievakuasi oleh Carpathia. Carpathia terisi oleh 705 korban selamat dan berlayar menuju New York.
18 April 1912 (Kamis): Carpathia tiba di New York dengan korban selamat
Sesampainya di New York, para wartawan sangat bersemangat untuk mewawancarai para korban selamat Titanic dan meneriakkan pertanyaan menggunakan megafon.
19 April 1912 (Jumat) - 25 Mei (Sabtu): Pendataan Kasus Titanic
Petugas Californian, Gibson, menjual ceritanya kepada pers, yang merinci bagaimana petugas kapal California melihat beberapa roket dan memberitahu Kapten Stanley Lord, yang tidak mengambil tindakan cepat. Beberapa petugas menyangkal ini, tapi pers menyalahkan Kapten Lord atas kejadian tersebut.
22 April - 15 Mei 1912
Pada tanggal 22 April 1912, S.S. Mackay Bennett dikirim dari New York untuk menemukan tubuh korban meninggal Titanic. Beberapa ditemukan masih mengapung di laut dan sisanya tenggelam ke dasar laut bersama kenangan Titanic.
Di sebuah mansion bernama The Pirrie Mansion, Lord Pirrie, pimpinan perusahaan pembuat kapal Harland & Wolff dan J. Bruce Ismay, Direktur White Star Line sedang membuat rencana untuk membuat 3 kapal besar, yaitu Olympic, Titanic, dan Gigantic. Kapal tersebut ingin dibuat untuk bersaing dengan kompetitor mereka, The Cunard Line, yang telah membuat Lusitania dan Mauretania.
RMS Lusitania | RMS Mauretania |
31 Maret 1909 (Rabu): Kapal mulai dirakit
Di galangan kapal Harland & Wolff di Belfast, Irlandia, Titanic mulai dibuat oleh pekerja galangan kapal dari Irlandia. Pekerja harus bekerja dari pukul 7:30 - 17:30, lima hari dalam seminggu, ditambah setengah hari pada hari Sabtu. Rata-rata upah yang diterima pekerja pada saat itu adalah sekitar £2 ($10) per minggu.
Titanic saat di galangan |
31 Mei 1911 (Rabu) pada pukul 12:15: Titanic diluncurkan!
Pada hari ini Titanic secara resmi diluncurkan dengan lebih dari 100.000 orang yang hadir. 22 ton pelumas (gemuk, sabun, dan minyak ikan paus) digunakan untuk membantu Titanic meluncur dari tempat peluncuran kapal dan Titanic tidak dibaptis dengan botol sampanye (adat di Inggris apabila melakukan peluncuran seperti kapal, kapal harus dibaptis dengan botol sampanye).
Titanic saat peluncuran |
31 Maret 1912 (Minggu): Titanic selesai dilengkapi
29 mesin pembakar, mesin, dan turbin dipasang pertama kali saat Titanic dilengkapi. Titanic memerlukan 5.892 ton batubara, lebih dari 200 mil (322 km) kabel listrik dan sekitar 2.000 jendela. Lebih dari 3.000.000 paku keling digunakan dan Titanic dilengkapi dengan 20 sekoci, 4 di antaranya adalah sekoci lipat yang berada di sisi kapal.
Proses pelengkapan Titanic |
2 April 1912 (Selasa): Uji coba pelayaran pendek Titanic
Pada saat ini, seluruh awak kabin kapal dilatih segala tindakan yang harus dilakukan saat berada di dalam kapal. Kapten E. J. Smith dan anak buahnya ikut serta dalam uji coba pelayaran jarak pendek ini dan uji coba ini hanya kurang dari 1 hari.
Uji Coba Pelayaran Titanic |
2 April 1912 (Selasa) pada pukul 20:00: Menuju Southampton
Kapal berlayar menuju Southampton yang berada di sebelah barat daya London melewati sungai dan selat Inggris. Titanic menggunakan jalur tersebut karena jalur itu adalah jalur termudah yang bisa dilewati oleh kapal besar seperti Titanic.
Titanic menuju Southampton |
4 April 1912 (Kamis) tak lama setelah tengah malam: Tiba di Southampton
Setelah mengarungi laut sejauh 570 mil (917 km), akhirnya Titanic tiba di Southampton dan merapat di Berth 44, Pelabuhan Southampton.
Titanic tiba di Southampton |
10 April 1912 (Rabu): Penumpang mulai menaiki kapal
Pada pukul 5:18 pagi, para awak kapal mulai tiba (Semua pekerja, kecuali Kapten, telah menghabiskan malam di atas kapal. Pada pukul 6:00 pagi, Thomas Andrews, sang pembuat kapal tiba dan pada pukul 7:00 pagi, Kapten Smith tiba di pelabuhan dan ini merupakan pelayaran terakhirnya sebelum ia memutuskan untuk pensiun. Pada pukul 9:30 pagi, J. Bruce Ismay tiba di pelabuhan.
Penumpang naik ke Titanic |
10 April 1912 saat tengah hari: Bergerak menuju Cherbourg, Prancis
Saat akan berangkat menuju Cherbourg, terdapat beberapa pertanda buruk untuk Titanic, di antaranya yaitu Titanic hampir bertabrakan dengan kapal New York yang juga bersandar tak jauh dari Titanic akibat tali tambang New York putus karena kuatnya gelombang yang dihasilkan Titanic dan pertanda selanjutnya yaitu api masih menyala di bungker batubara di ruang pembakaran No 5
Titanic (kiri) hampir bertabrakan dengan New York (kanan) | Titanic meninggalkan Southampton |
10 April 1912 pada pukul 18:30: Titanic tiba di Cherbourg, Prancis
Titanic tiba di Cherbourg untuk membawa penumpang lainnya menuju New York, Amerika Serikat. Tetapi, karena pelabuhan tidak cukup besar untuk Titanic, maka Titanic harus menurunkan jangkar beberapa meter dari pelabuhan dan penumpang diangkut dengan menggunakan 2 kapal kecil yaitu Nomadic dan Traffic untuk membawa penumpang, bagasi, dan surat-surat.
Titanic tiba di Cherbourg | Nomadic membawa penumpang ke Titanic |
10 April 1912 pada pukul 20:10: Titanic berangkat ke Queenstown, Irlandia
Pada pukul 20:10 malam, Titanic meninggalkan Cherbourg dan berangkat menuju Queenstown, Irlandia. Pada pagi harinya, para penumpang diberikan sarapan untuk pertama kalinya.
11 April 1912 (Kamis) 11:30 pagi: Titanic tiba di Queenstown, Irlandia
Titanic tiba di Queenstown dengan selamat pada Kamis pagi. Dikarenakan pelabuhan Queenstown tidak cukup besar, Titanic harus menurunkan jangkar 2 mil (3 km) dari dermaga. Dua kapal (America dan Ireland) membawa penumpang baru, bagasi, surat, wartawan, dan petugas imigrasi ke Titanic.
Titanic tiba di Queenstown | America dan Ireland membawa penumpang ke Titanic |
11 April 1912 pada pukul 13:40: Titanic berangkat ke New York City
Perjalanan panjang melintasi samudra Atlantik dimulai dengan melewati rute utara Atlantik yang banyak gunung es mengadang.
12 April 1912 (Jumat): Peringatan Pertama
Pada perjalanan perdananya ini, Titanic menerima banyak ucapan selamat atas pelayaran perdananya dari kapal-kapal lain yang menuju ke timur (berlawanan arah). Mereka juga memperingatkan Titanic terhadap es-es yang tersebar sepanjang jalur pelayaran yang diterima Titanic melalui kode morse. Akibat peringatan tersebut, kapten Smith memindahkan jalur pelayaran jauh ke arah selatan.
14 April 1912 (Minggu): Peringatan akan gunung es sangat banyak
Pada pukul 8:00 pagi, kapal Caronia yang menuju ke timur melaporkan bahwa gunung es dan pecahan es terdapat di lintang 42° LU dan dari garis bujur 49° - 51° BB. Pada pukul 11:40 pagi, kapal Dutch liner Noordam melaporkan bahwa banyak es di tempat yang sama. Pada pukul 13:42 siang, kapal White Star Baltic melaporkan ada gunung es dan pecahan es sekitar 250 mil (400 km) di depan Titanic. Pada pukul 13:45, kapal Jerman "Amerika" melaporkan bahwa ia telah melewati 2 gunung es yang besar. Pada pukul 19:30, kapal California melaporkan ada 3 gunung es yang besar. Pesan tersebut tidak pernah dipublikasikan atau diteruskan kepada Kapten Smith. Pada pukul 21:30, kapal uap Mesaba memperingatkan ada runtuhan es berat dan gunung es besar. Pada pukul 22:00, terjadi pergantian tugas, perwira kedua Lightholler digantikan oleh perwira pertama Murdoch, area pengintai Archie Jewell dan George Symons digantikan oleh Frederick Fleet dan Reginald Lee yang diberi tugas untuk memperhatikan es-es kecil dan gunung es di depan Titanic.
14 April 1912 pada pukul 23:39: Area Pengamatan melihat gunung es
Pada saat itu, bel peringatan Titanic berbunyi sebanyak tiga kali. Bagian area pengamatan menelepon anjungan kapal dengan mengatakan "Iceberg, right ahead!" (Gunung es tepat di depan!). Perwira pertama Murdoch meminta ruang mesin untuk menghentikan mesin dan mundur dengan mengatakan "Stop! Full speed astern!" (Berhenti! Kecepatan penuh ke belakang!).
Gunung es di depan Titanic |
14 April 1912 pukul 23:40: Kejadian kecelakaan pada lintang 41° 46'N, bujur 50° 14'W
Tabrakan kapal dengan gunung es terjadi tepat 37 detik setelah peringatan dari anjungan kapal. Saksi mata di tempat kejadian mengatakan kalau gunung es tersebut memiliki tinggi 60 kaki (18 m).
Gunung es yang ditabrak Titanic |
15 April 1912 pada pukul 00:05 (Senin)
Saat ini, kapten Smith memerintahkan Kepala Perwira Wilde untuk mengeluarkan sekoci penyelamat dan meminta para penumpang untuk ke dek luar. Tetapi, karena suhu di luar sangat dingin, banyak penumpang yang mengabaikan perintah tersebut dan tetap berdiam di dalam kapal atau kamarnya masing-masing.
Suasana saat mengeluarkan sekoci |
15 April 1912 pada pukul 00:10: Sinyal darurat pertama dikirim
Titanic mengirimkan 3 jenis sinyal darurat melalui sinyal radio. Yang pertama yaitu CQD - sinyal darurat Kode Morse Lama (Seek-You-Distress, Come Quick, Distress! - Come Quick, Disaster! - Come Quick, Danger!). Yang kedua yaitu MGY - huruf panggilan RMS Titanic. Dan yang ketiga yaitu SOS - Sinyal darurat kode Morse yang baru (Titanic adalah salah satu kapal pertama yang menggunakan kode baru ini). Ada 3 kapal yang merespons sinyal darurat Titanic ini, yaitu Olympic, Frankfurt, dan Carpathia (terdekat di jarak 58 mil/93 km).
Kode CQD |
Kode SOS |
15 April 1912 pada pukul 00:25: Permintaan untuk wanita dan anak-anak yang menaiki sekoci
Para perwira meminta wanita dan anak-anak untuk memasuki sekoci terlebih dahulu. Hal ini disampaikan oleh Perwira pertama Murdoch.
15 April 1912 pada pukul 00:45: Sekoci No.7 yang pertama kali diturunkan
Sekoci no.7 ini hanya diisi dengan 19 orang, padahal sekoci ini mampu menampung hingga 65 orang. Kapten Smith marah akan hal ini dan meminta perwira lain untuk mengisinya secara penuh. Bintang film Dorothy Gibson dan dua pasangan yang sedang berbulan madu berada di sekoci ini.
Sekoci No.7 diturunkan | Dorothy Gibson |
15 April 1912 pada pukul 00:55: Sinyal roket pertama diluncurkan
Sinyal roket yang ditembakkan bertujuan untuk memanggil kapal terdekat yang bisa melihat roket tersebut untuk membantu mengevakuasi para penumpang Titanic.
Titanic menembakkan roket sinyal |
15 April 1912 pada pukul 00:55 - 02:20: Pelepasan Sekoci:
Waktu Pelepasan | Sekoci No. | Jumlah Penumpang | Kapasitas Sebenarnya |
00:55 | 5 | 41 | 65 |
00:55 | 6 | 28 | 65 |
01:00 | 3 | 32 | 65 |
01:10 | 1 | 12 | 40 |
01:10 | 8 | 28 | 65 |
01:25 | 14 | 60 | 65 |
01:25 | 16 | 50 | 65 |
01:30 | 9 | 56 | 65 |
01:30 | 12 | 40 | 65 |
01:35 | 11 | 70 | 65 |
01:40 | 13 | 64 | 65 |
01:40 | 15 | 70 | 65 |
01:45 | 2 | 25 | 40 |
01:50 | 4 | 40 | 65 |
02:00 | C | 42 | 47 |
02:05 | D | 40 | 47 |
02:20 | A | 13 | 47 |
02:20 | B | 30 | 47 |
15 April 1912 pada pukul 01:40: Roket terakhir diluncurkan
Titanic meluncurkan 8 buah roket dan tidak ada yang direspons oleh kapal-kapal lainnya.
15 April 1912 pada pukul 01:45: Pesan terakhir untuk Carpathia
Titanic mengirimkan pesan kepada Carpathia bahwa ruang mesin dan ruang pembakaran sudah terendam air. Operator nirkabel saat itu adalah John Phillips.
John Phillips mengirimkan pesan nirkabel ke Carpathia. (Reka adegan dari film "A Night to Remember") |
15 April 1912 pada pukul 02:05: Kapten Smith membebastugaskan operator nirkabel Phillips dan Bride
Kapten Smith berkata kepada Phillips dan Bride, "Tidak ada yang akan kalian lakukan lagi. Sekarang, setiap orang untuk dirinya sendiri." Tetapi Phillips dan Bride tetap bekerja dengan terus mengirimkan pesan nirkabel kepada Carpathia. Pesan darurat lemah ditangkap oleh Virginian sekitar pukul 02:17. Setelah itu jaringan radio Titanic terputus.
15 April 1912 pada pukul 02:20: Titanic menghilang ke dalam laut
Bagian depan Titanic lebih dahulu berada di bawah air, lalu bagian belakang kapal terangkat dan patah di bagian tengah. Bagian depan kapal lebih dahulu terjun bebas ke dasar laut, sedangkan bagian belakang kapal kembali ke posisi awal dan terangkat lagi hingga meluncur bebas ke dasar laut.
Tenggelamnya Titanic ke dasar Samudra Atlantik |
15 April 1912 pada pukul 3:30 pagi: Roket Carpathia terlihat oleh sekoci pertama
Setelah beberapa lama Titanic tenggelam, Carpathia datang untuk mengevakuasi para korban selamat Titanic. Carpathia menembakkan roket sebagai tanda Carpathia telah datang.
RMS Carpathia |
15 April 1912 pada pukul 04:10: Sekoci No.2 adalah sekoci pertama yang diangkat oleh Carpathia
Sekoci No.2 berada yang paling dekat dengan Carpathia dan dengan segera para awak kabin kapal Carpathia mengangkat para penumpang dan sekoci tersebut ke atas kapal.
Sekoci Titanic di dek Carpathia |
15 April 1912 pada pukul 08:30: Sekoci terakhir No.12 diangkat
Sekoci No.12 adalah sekoci terakhir yang dievakuasi oleh Carpathia. Carpathia terisi oleh 705 korban selamat dan berlayar menuju New York.
18 April 1912 (Kamis): Carpathia tiba di New York dengan korban selamat
Sesampainya di New York, para wartawan sangat bersemangat untuk mewawancarai para korban selamat Titanic dan meneriakkan pertanyaan menggunakan megafon.
Orang-orang menunggu korban selamat Titanic di New York |
19 April 1912 (Jumat) - 25 Mei (Sabtu): Pendataan Kasus Titanic
Petugas Californian, Gibson, menjual ceritanya kepada pers, yang merinci bagaimana petugas kapal California melihat beberapa roket dan memberitahu Kapten Stanley Lord, yang tidak mengambil tindakan cepat. Beberapa petugas menyangkal ini, tapi pers menyalahkan Kapten Lord atas kejadian tersebut.
22 April - 15 Mei 1912
Pada tanggal 22 April 1912, S.S. Mackay Bennett dikirim dari New York untuk menemukan tubuh korban meninggal Titanic. Beberapa ditemukan masih mengapung di laut dan sisanya tenggelam ke dasar laut bersama kenangan Titanic.
Makasih atas Infonya:)
BalasHapusIzin share
BalasHapusIzin share
BalasHapusLucky Club Casino Site
BalasHapusPlay casino games for fun at Lucky Club. The casino offers over 450 slots, luckyclub.live blackjack, roulette, video poker, scratch cards, video poker and many more games.
Slot machine games - Jtm Hub
BalasHapusThe majority of 순천 출장샵 the games are a few of the popular video slot machines with their own themes, graphics 영주 출장안마 and graphics, while some 경상북도 출장마사지 are 김해 출장안마 more 밀양 출장마사지 than others,